drop down


Rabu, 16 November 2011

Maskot Kabupaten Tangerang (Maskot Lomba Balaraja)

Tanggal 13 November lalu Paskibra korwil kecamatan balaraja mengadakan perlombaan baris-berbaris tahunan se-provinsi banten yang diadakan di Asrama Denarhanud Rudal 003.. kali ini perlombaan yang ke 10 LBB (Lomba Baris berbaris).. karna kali ini LBB sudah 10 kali mengadakan, dengan kesepakatan sebelumnya dengan  pengurus paskibra korwil kecamatan balaraja nama perlombaannya di ganti menjadi BALARAJA (Barisan Aksi Langkah Jawara) yang bertujuan untuk mengangkat nama kecamatan balaraja.  

Balaraja yang notabene selalu berkenaan dengan pabriknya dan kota tekstilnya sebenarnya ada rahasia sejarah balaraja yang penting. Konon pada abad ke 16 pernah berkumpulnya para raja senusantara dalam upaya penelusuran kerajaan-kerajaan dan balaraja adalah tempat perkumpulan tersebut.

Balaraja pun pernah menjadi Ibukota Kabupaten Tangerang. Pada waktu masuknya tentara Sekutu yang diwakili oleh Inggris ke Indonesia, masuk pulalah tentara NICA (Netherlands Indies Civil Administration). Pemuda-pemuda pejuang dari Jakarta, yang kemudian terdesak oleh serangan pasukan NICA, banyak yang pindah ke Tangerang. Dan, dengan alasan mengejar para perusuh, akhirnya pasukan NICA pun masuk ke kota Tangerang dan mengultimatum agar kota Tangerang dikosongkan. Pada tanggal 17 Mei 1946, pasukan NICA telah berhasil menduduki Serpong. Untuk menghindari banyaknya korban rakyat, TRI Resimen 40 Divisi II Tangerang atas perintah komandan Divisi II, diintruksikan supaya segera meninggalkan kota Tangerang tanpa mengadakan perlawanan kepada tentara Sekutu. Sedangkan pemerintahan sipil Tangerang dipindahkan ke Balaraja, selanjutnya Balaraja dijadikan Ibukota Kabupaten Tangerang.

itu sebagian sejarah dari Balaraja. pada perlombaan Balaraja tersebut, Saya dipercaya untuk menjadi ketua pelaksana perlombaan tingkat provinsi itu. Banyak sekali yang berubah dari konsep perlombaannya. seperti gambar illustrasi yang kalian lihat di atas. itu adalah illustrasi yang saya buat. maskot dari perlombaan ini yaitu Ayam Jago. Kenapa Ayam Jago? karena ayam jago pun merupakan maskot dari kabupaten tangerang. 

ini beberapa illustrasi yang saya buat untuk perlombaan tersebut, dan ini blog balaraja open yang saya buat. 

Cover Proposal
Kop Surat Balaraja

Icon Balaraja

famplet balaraja

berikut para pemenang BALARAJA (Barisan Aksi Langkah Paskibra Jawara)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar